Wednesday 4 November 2015

WISATA ALAM: SUDAH PERNAH MENDATANGIKU? AKU ADA KARENA LETUSANNYA

Assalamu'alaikum guys..
    Kali ini Emma mau share tentang obyek wisata alam karena Gunung Kelud meletus. Maksudnya? wisata alam tersebut ada di desa Emma. Kangen banget sama desaku yang tercinta. Desaku ada di Dusun Jaban Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Pare. Bagi teman-teman yang pernah ke Kediri pasti tahu Pare karena kalau ke Kediri bisa lewat Pare. Pare juga terkenal dengan kampung inggris karena ada suatu kampung di desa yang menyediakan tempat kursus bahasa inggris dan penduduk sekitar kesehariannya menggunakan bahasa inggris.Sebenarnya jarak Gunung Kelud dengan desaku cukup jauh tetapi saat Gunung Kelud meletus tahun 2014 silam mempengaruhi beberapa tempat di sekitar desaku.
    Ada yang sudah tahu belum ya obyek wisata alam yang bakalan Emma share
Let's stay tune yeeee
*** 

1. Wisata Ongakan "Letusan Gunung Kelud"

   


    Siapa yang sudah pernah ke Gunung Kelud? tapi ini bukan di Gunung Kelud ya. Ongakan, penduduk setempat menyebutnya seperti itu. Waktu aku tanya mengapa disebut "ongakan" ternyata itu bahasa jawa yang artinya menengok ke bawah. Maksudnya, ongakan mirip seperti lembah yang luas karena bekas letusan Gunung Kelud untuk melihat keindahannya kita harus menengok ke bawah tetapi harus hati-hati ya. 


     Ongakan adalah lembah yang terbentuk karena letusan Gunung Kelud pada tahun 2014 silam. Lokasinya sekitar 2 km dari desaku tepatnya ada di Dusun Kampungan. Untuk menuju ongakan kita harus melewati hutan yang lebat dan hanya bisa dilewati menggunakan sepeda motor dan ingat sepeda motornya harus yang tahan banting dikendarai di jalanan yang terjal. Sepanjang perjalanan menuju ongakan mata kita dimanjakan dengan hijaunya alam dan pohon-pohon pinus. Tetapi saat Emma kesana kondisi pohon pinus memprihatinkan. Banyak pohon pinus yang mati akibat abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud.


    Sesampainya di ongakan kita disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa wonderful guys. Betapa Allah SWT Maha Kuasa, dibalik cobaan letusan gunung ada keindahan alam yang sungguh mempesona.Ongakan seperti perbukitan jadi serasa naik-naik ke puncak gunung. Untuk lebih jelas melihat pemandangan di ongakan, kita harus berjalan menuju tempat yang lebih tinggi hingga sampai di puncak bukit. Saat pertama kali kesana, belum tampak hijaunya alam di lembah akibat lahar dari meletusnya Gunung Kelud. Tetapi saat kedua kalinya kesana, pepohonan dan tumbuhan menyebar di sepanjang lembah, that's really amazing scenery. Seperti foto dibawah ini, keindahan alam di atas puncak bukit. Obyek wisata alam ongakan menjadi mata pencaharian baru bagi warga dusun. Di sekitar lokasi ada yang berjualan makanan dan minuman. Wah.. sangat pintar membaca peluang ya. Setelah perjalanan jauh dan medan jalanan yang cukup terjal, nggak nyesel kan disuguhi pemandangan indah dan minuman. Angin semriwing juga menyelimuti guys.



 2. Lebarnya sungai akibat Lahar dingin



      What beautiful view, sungai yang ada di sebuah dusun, jujur aku lupa namanya. Letaknya di sekitar Dusun Bocok, Desa Kasembon dengan jarak dari desaku sekitar 5 km. Sepanjang perjalanan menuju sungai mata disuguhi oleh keindahan alam sekitar, bukit-bukit dan keramahan desa yang dikelilingi oleh hutan dan sawah. Sungai yang entah apa namanya seperti gambar di atas sangat menakjubkan. Sungai itu melebar akibat lahar dingin yang melewatinya dan merusak lahan pertanian di sekitar sungai. Tetapi, selalu ada hikmah dibalik musibah. Seperti gambar di atas, ada seorang bapak yang sedang menambang pasir. Berlimpahnya pasir dan bebatuan di sekitar sungai justru menjadi mata pencaharian baru bagi warga sekitar yang sebelumnya mayoritas sebagai petani. Tetapi para penduduk hanya mengambil pasir seperlunya saja dengan menggunakan alat manual. Karena mereka sadar bahwa ulah manusia yang mengakibatkan bencana dan mereka tidak ingin merusak struktur sungai.




Aliran air yang mengalir jernih dan tidak terlalu deras menenangkan hati..
Lambaian angin yang lembut dan udara yang sejuk mendamaikan pikiran..
Pemandangan pegunungan menyapa dan memeluk kehadiran para penikmatnya..
Nikmat mana lagi yang engkau dustai...wahai manusia..
Ketetapan Allah SWT PASTI baik bagi umatnya..
Apapun itu..
Menjaga dan melestarikan lingkungan alam..
Ibarat memahat batu untuk dijadikan sebuah patung..
Membutuhkan kesabaran dan ketekunan..
Alam akan berteriak jika engkau dustai..
Alam akan bersahabat jika engkau hargai..


***

Bagaimana guys dua wisata alam di atas menurutmu? 
Jika ada waktu sempatkan untuk berkenalan dengan mereka yaa..
Tapi ingat ya jangan merusak alam..
Menjaga lingkungan alam dapat dilakukan sedini mungkin..
Dengan cara termudah yaitu Membuang Sampah Pada Tempatnya..
Mudah kan? tapi kenyataannya masih banyak sampah dimana-mana..
Emma jadi ingat sungai yang ada di Surabaya..
ada sebuah sungai yang selalu Emma lewati saat berangkat dan pulang kerja..
Kelihatannya bersih, tetapi ternyata KOTOR..
banyak sampah di dalam air sungai jika dicermati lagi..
Sayangnya tidak ada dokumentasinya guys..
Miris banget lihatnya..
Ini juga peringatan buat diriku sendiri..

MULAILAH DARI HAL TERKECIL..
KARENA JIKA DILAKUKAN SECARA TERUS MENERUS..
AKAN BERDAMPAK BESAR..
TAPI INGAT..
TANAMLAH KEBAIKAN BUKAN SEBALIKNYA..

***
    Bagi kamu, kamu dan kamu.. bagi kalian semua guys please don't be silent reader ya alias hanya membaca tulisan ini tanpa memberikan komentar. Mengapa? karena Emma termasuk beginner yang sedang berproses untuk terus menyuguhkan tulisan yang bermanfaat dan PASTI membutuhkan EVALUASI biar makin baik nulisnya ke depan. Salah satu evaluasi TERPENTING yaitu komentar dari kalian baik kritikan maupun saran yang membangun sangat Emma harapkan.hehe..

Thanks for all..
 Semoga bermanfaat dan sama-sama memperoleh pahala ya setelah baca tulisan kali ini#ingat ada malaikat diantara kita yang sedang menjawab kalimat ini, aamiinn..
Wassalamu'alaikum..

Keep writing, always inspiring# 30DWC


1 comment:

  1. wuiiih mantap pemandangannya mirip gunung bromo juga. ajak-ajak dong kalau nanti ke surabaya.

    ReplyDelete