Monday 2 November 2015

KARAKTER ISTRI IDEAL: WOW PANDAI MENYENANGKAN HATI SUAMI

Assalamu'alaikum guys..

WARNING: Kali ini tulisan Emma khusus buat para akhwat alias para calon istri maupun yang sudah menjadi istri juga boleh. Tetapi kaum laki-laki juga boleh membaca tulisan kali ini supaya bisa lebih mengenal istrinya ya. 

    Emma kali ini sharing tentang salah satu karakter istri ideal yang ada di buku Wonderful Wife yaitu "Pandai Menyenangkan Hati Suami". Materi ini Emma peroleh dari kajian bersama komunitas to be WOW alias Wonderful Wife dengan pembicara Bunda Euis Kurniawati. Beliau adalah Trainer Founder to be WOW. Pertama kali Emma mengikuti kajian bertopik "tentang istri". Maklum, Emma lagi prepare buat calon suami kelak.   

   Gambar di atas adalah buku Wonderful Wife. Materi yang disampaikan Bunda Euis dari buku tersebut yang ditulis oleh Bapak Cahyadi Takariawan. Beliau adalah penulis buku yang sangat fenomenal dan isi bukunya sangat "daging" alias sangat berbobot isinya. Buku yang ditulis seperti Wonderful Family, Wonderful Husband, Yang Tegar di Jalan Dakwah dan masih ada puluhan buku lainnya. 

KARAKTER ISTRI IDEAL

Pandai menyenangkan hati suami

https://birulangit04.files.wordpress.com/2011/06/istri-sholihah.jpg

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya". (HR. Abu Dawud no. 1417.)

  Kali ini tentang bila dipandang menyenangkan, maksudnya? para lelaki paling tertarik dengan mata dan senyuman...nggak percaya? 

    Kaum laki-laki itu sangat kuat dalam hal visualisasi. Jadi "mata" adalah kelemahan kaum laki-laki. Mulai dari laki-laki preman hingga yang sholeh tetap saja "pandangan mata mereka" jika melihat wanita cantik lewat di depan akan langsung menuju pada wanita tersebut. 
    Pandangan pertama alhamdulilah.. pandangan kedua astagfirullah yaaaa...
    
Tidak percaya? coba buktikan sendiri kepada teman kalian yang laki-laki atau gimana menurutmu wahai engkau para lelaki? betul atau betul?
    Maka dari itu, sebagai seorang istri maupun calon istri ya.. WAJIB bagi kamu untuk menyenangkan hati suami terutama menyenangkan pandangan suami. Manjakan mata suami. 

Bagaimana cara memanjakan suami?
 a) Memandang fisik, maksudnya setelah seharian suami bersosial dengan teman-teman perempuan di luar rumah, ketika tiba di rumah disambut istri yang luar biasa tidak kalah menawan dengan perempuan di luar sana. Jangan menyambut suami dengan pakaian dinas rumah alias daster ya dengan bau dapur melekat di badan. 
   Jangan terlihat lebih cantik di luar rumah daripada di dalam rumah. Ingat, menyenangkan hati suami termasuk ladang pahala bagi istri. Buatlah suami agar tidak melirik wanita lain.
    
   Cara menjaga fisik yaitu menjaga kebersihan diri dan pakaian, pandai berhias, wajah yang cerah dan berseri, bau harum dan wangi serta bentuk tubuh yang indah (tidak harus langsing, tetapi sesuai standard suami). Tetapi itu semua dilakukan sesuai standard suami. Maksudnya apa hayoo?
  "Kadang kala setelah sudah menikah, tidak selamanya kita menjadi diri sendiri"  melainkan sesuai standard suami tetapi bukan berarti menolak jika tidak sesuai hati, sebaiknya dinegosiasikan antara suami dan istri. 
Contoh: Istri lebih suka di dalam rumah memakai daster, kemudian tanyakan pada suami dengan memberikan pilihan, 
"Abi, lebih suka melihat ummi memakai daster atau gamis di dalam rumah?"
"Aku lebih suka kamu memakai gamis,ummi" jawab suami.
"Mengapa abi?"
"Karena kamu terlihat cantik memakai gamis meskipun di dalam rumah meskipun tanpa make up"
"Baiklah, selama itu membuat abi bahagia dan makin sayang sama umi"
b) Memandang sikap dan kepribadian, maksudnya suami sangat senang dengan istri yang antusias dan akrab yaitu hubungan yang tidak ada jarak, tidak jaim dengan suami sendiri yang mungkin sebelum menikah pemalu tetapi setelah menikah harus "malu-maluin", pahamkan maksudnya? ingat ya hanya kepada suami saja. Jangan dengan suami orang lain. Ketika suami sudah lelah seharian bekerja, sambutlah dengan senyuman dan tanyakan dengan nada suara penuh antusias "bagaimana dengan kegiatan tadi di kantor?" suami sangat menyukai istri yang perhatian. 

 "Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: "Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha." (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257.)


  Seorang istri harus lembut dan penurut yaitu tidak arrogant dan tidak dominan. Lembut bukan berarti lemot ya. Lembut dari sisi tutur kata dan sikap yang anggun. 
    "Dibalik suami yang hebat, ada istri yang hebat" betul? jadi saat suami mengalami masalah, tenangkan hati suami dengan penuh kelembutan. Suami dalam keadaan goyah ataupun putus asa kewajiban seorang istri untuk menguatkan hati suami, meyakinkan suami bahwa "kamu pasti bisa abi.."
   Suami adalah kepala rumah tangga, jadi jika ada perbedaan pendapat, istri harus tetap menghargai pendapat suami, jangan maunya menang sendiri ya. Sebagai seorang istri harus tahu karakter suami seperti apa supaya bisa memposisikan diri. Suami termasuk plegmatis,koleris,melankolis atau sanguinis. Paham maksud dari keempat ciri personality ini?

Melankolis itu sensitif, pemikir, romantis dan teratur.
Plegmatis itu kalem, sabar,kurang antusias dengan yang baru,tidak senang didesak.
Sanguinis itu humoris, mudah bergaul, optimis banget, berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi.
Koleris itu suka memerintah orang lain, tidak suka lihat orang lain diam sedangkan dia bekerja sendiri, suka tantangan, tidak sabar, mudah marah. 

Well,
   Selama suami tidak menyuruh istri untuk melanggar perintah Allah SWT maka lakukan saja, wahai para istri calon penghuni surga..misalkan seperti menyuruh istri melepas jilbab di muka umum, JANGAN dituruti karena sama saja mengajak berbuat dosa.

c) Rajin dan energik, maksudnya menjadi seorang istri harus rajin melakukan pekerjaan rumah bukan berarti seperti pembantu rumah tangga ya. Apalagi suami semakin cinta saat istri rajin merawat anak-anaknya dan rajin mengajak anak-anak sholat.
    Subhannallah, saat suami melihat istri mengajari anak-anak sholat maupun mengaji beban sang suami seakan sirna dalam sekejap. Bagaimana bisa? karena suami bangga memiliki istri yang shalihah seperti itu.
    Energik berarti sangat bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Suami sangat menyukai istri yang aktif dan inisiatif dalam segala hal kebaikan terutama untuk kebaikan suami dan anak-anaknya. 
 http://www.suara-islam.com/images/berita/ibu%20sholehah.jpg
d) emosional spiritual, maksudnya suami sangat mencintai istri yang menjaga sholat lima waktunya, suami sangat bersyukur memiliki istri yang penyabar dan memelihara dirinya (menutup auratnya di muka umum). 

Bagaimana sudah terjawabkah cara untuk menyenangkan hati suami?

   Sekian dulu ya tulisan Emma kali ini. Semoga bermanfaat untuk para calon istri maupun para istri. Masih banyak karakter istri ideal yang ingin Emma share kepada kalian semua. Semoga masih bisa diberi kesempatan di lain waktu ya.Coming soon..


Keep writing, always inspiring# 30DWC

3 comments:

  1. Semakin hati tulisannya semakin mengalir mbak emma
    Tinggal penemuan genre yg tepat aja
    Kerp writing! :D

    ReplyDelete
  2. hem bu emma tulisannya makin top aje,
    keep spirit bu emma

    ReplyDelete
  3. terimakasih mas guru, keep writing

    ReplyDelete