Saturday 14 November 2015

3 Kriteria Sahabat Dunia dan Akhirat

-apa kabar ma, kemana aja gak pernah berkabar-
-baik, kamu yang nggak peka.haha-

  Message bbm dari teman lamaku yang datang kembali dalam kehidupanku. Dulu kita akrab banget waktu masih SMP, karena ada perbedaan visi akhirnya kami menunda untuk saling berteman lagi. Dulu aku pikir sebaiknya kami tidak perlu bertemu lagi. Tapi ternyata... sungguh manis untuk dirindukan.

Waktu..
Waktu yang mengelabuiku dengan berbagai pertemuan dan perpisahan dan kini aku mulai memahami arti sebuah persahabatan..

***

Teman yang baik seperti apa?
Kalau sahabat yang baik seperti apa?

   Emma yakin reader tahu bedanya teman dan sahabat. Disini Emma akan membahas tentang " 3 Kriteria Sahabat dunia dan akhirat" bukan teman ya. Karena teman hanya sekadar saling kenal dan tidak memahami satu sama lain alias tidak akrab ya. 
WAW.. Sahabat Dunia dan Akhirat, What's the meaning of that?


1. Selalu mengingatkan kebaikan di kala lupa

 https://akusayangummikarenaallah.files.wordpress.com/2014/02/1380271_467667526687371_1776751322_n.jpg
    
     Mengingatkan di kala lupa maksudnya? Lupa adalah salah satu rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia. Karena lupa adalah suatu sifat yang tidak di sengaja untuk ditinggalkan. Tetapi TIDAK BAIK jika hanya didiamkan saja. Sudah kewajiban sesama manusia untuk saling mengingatkan.

     Apalagi yang katanya sahabat, apa tega melihat sahabat sendiri masuk ke jurang neraka? salah satu cara untuk menuju surga adalah berteman dengan orang-orang yang sholeh/shalihah dan salah satu ciri-cirinya yaitu yang selalu mengingatkan dalam kebaikan.
      

 
      Mengingatkan kebaikan apa saja? seperti dibawah ini:

-Mengingatkan untuk tetap melaksanakan ibadah kepada tuhan dalam kondisi apapun.
-Mengingatkan untuk tetap fokus dengan impian yang ingin dicapai.
-Mengingatkan untuk tetap menyayangi kedua orang tua.
-Mengingatkan untuk tetap bersikap baik kepada orang yang telah menyakiti.
-Mengingatkan untuk tetap bersedekah dan hidup sederhana.
-Mengingatkan untuk tetap istiqhomah hijrah di jalan Allah SWT.
-Mengingatkan tidak hanya secara lisan tetapi juga dalam do'a-
Saat saling mengingatkan suatu kebaikan akan ada perasaan saling menyayangi..
Inilah persahabatan..
Saat saling mengingatkan dalam do'a, inilah makna persahabatan sesungguhnya

2. Selalu mengajak ke tempat yang membawa berkah

    Kemana saja reader mengisi waktu dengan sahabat? untuk yang laki-laki mungkin suka nonton bola, balap motor atau suka mbolang ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Untuk yang perempuan mungkin suka belanja bareng, pergi ke salon dan sekadar hunting foto narsis together. 

    Ada juga para sahabat yang mengisi waktu bersama dengan pergi ke tempat yang membawa berkah, maksudnya? 

kekayaan materi yang dimiliki seseorang bisa habis begitu saja,
tetapi kehidupan yang penuh keberkahan tidak akan lekang oleh zaman

    Berkah adalah rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia dimana hidup selalu terasa nikmat dalam kondisi apapun. Meskipun dalam kesusahan, selalu ada saja rezeki dari Allah SWT dan saat memperoleh kesenangan selalu ada saja cara Allah SWT agar kesenangan itu tidak berakhir dalam kesia-siaan.

   Begitu pula dengan sahabat yang selalu mengajak ke tempat-tempat yang penuh keberkahan. Dimana di tempat itu seseorang akan merasakan keteduhan iman dan kelembutan rasa syukur. Dikatakan orang yang merugi jika hari ini lebih buruk dibandingkan kemarin. Jadi reader mau jadi orang yang merugi? 

    Dimana saja memang tempat yang penuh keberkahan itu? seperti dibawah ini:
-Jika memang mengunjungi lokasi wisata yang baru luruskan niat untuk mengagungkan ciptaan Allah SWT bukan untuk mengumbar kegembiraan hingga merusak alam dan berbuat buruk di lokasi wisata. Dan jangan pernah tinggalkan ibadah meskipun lagi senang-senang ya reader.

-Jika memang pergi berbelanja bersama luruskan niat untuk berbelanja sesuai kebutuhan tidak hanya menuruti nafsu hingga uang ludes hanya untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan tidak bermanfaat. Sebaiknya sisihkan rezeki untuk disedekahkan di jalan Allah SWT untuk tabungan akhirat ya. Saat kita memberi dengan ikhlas, maka akan dilipatkan gandakan rezeki kita nantinya oleh Allah SWT. Rezeki bisa berupa kesehatan, keharmonisan keluarga, keselamatan dan memiliki sahabat yang perhatian Tidak selalu harus berupa materi ya. 

-Jika memang merasa kurang pemahamannya tentang agama tetapi tidak ingin datang ke tempat yang dirasa terlalu kaku untuk bersosialisasi, datanglah ke kajian maupun komunitas rohani yang tidak monoton ceramah saja. Tetapi dikemas update mengikuti perkembangan zaman seperti talkshow bareng "yukngaji" yang dipelopori oleh uztad Felix Siauw, komunitas APN (Akademi Pra Nikah), komunitas WOW (Wonderful Wife), one day one juz, Man Jadda Wa Jadda, dan lainnya.

-Jika memang ingin berfoto-foto narsis dengan sahabat, mengunjungi tempat-tempat bersejarah bisa dijadikan pilihan. Tidak melulu tempat sejarah nasional, tetapi sejarah-sejarah agama seperti sejarah islam juga bisa dijadikan lokasi pemotretan. Jadi bisa menyelam sambil minum air, tidak hanya hunting foto tetapi juga memperoleh pengetahuan religi. Apa ruginya kan?

3. Selalu malu untuk berbuat maksiat

https://lh4.googleusercontent.com/-flimNTca14w/Uj_VQBTqysI/AAAAAAAAB5E/N3NI_gaM5ys/muslimah+sahabat+malu+cabang+iman+inpikreatif+grafik+malaysia+4u.jpg 

 Malu itu cabang dari iman menurut H.R Bukhari. Suatu kebanggaan sendiri memiliki sahabat yang malu untuk mengingatkan maupun mengajak perbuatan maksiat. Apalagi untuk mereka yang mudah terpengaruh dan tidak tetap pendirian. Penting banget untuk memiliki sahabat yang memiliki sifat malu untuk bermaksiat. Dengan begitu lisan, pandangan dan langkah seseorang dapat dikendalikan agar tidak menggoreskan dosa yang sengaja dibuat.

Seseorang itu tergantung agama temannya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa temannya (H.R Ahmad dan Tirmidzi)


***
Jika kita berada diantara penjual parfum, maka tubuh kita akan tercium bau parfum..
Jika kita berada diantara penjual ikan asin, maka tubuh kita juga akan tercium bau ikan asin..

Seperti itulah perumpamaan sahabat..
Memilih lingkungan yang baik perlu termasuk persahabatan..
 
Demikian tulisan Emma kali ini reader. Pasti masih ada kriteria yang lain menurutmu ya, well kita bisa diskusi lebih lanjut via bbm di 54A0F734 atau di line Emma :semmangatku. 
Semoga bermanfaat, don't be silent reader yaa..

Keep writing, Always inspiring#30dwc




No comments:

Post a Comment