Friday 26 February 2016

BISA KARENA TERBIASA

AKU TIDAK BISA MELAKUKANNYA..

Pernahkah kamu berpikir bahwa tidak akan bisa melakukan suatu hal? padahal jelas hal tersebut belum pernah kamu coba untuk melakukannya. Tetapi sudah berpikir tidak bisa duluan.
MENGAPA BERPIKIR TIDAK BISA MELAKUKANNYA?

Biasanya karena beberapa alasan berikut ini:
1. takut salah
2. minder duluan/tidak percaya diri
3. terlalu susah untuk dilakukan

Beberapa alasan tersebut sangat klise, no excuse, just practice and practice..

IYA, PRAKTEKAN SAJA NANTI JUGA TERBIASA
Tidak ada yang tidak bisa dilakukan manusia selama dia melakukan sesuai kodratnya. Bukan melakukan untuk syiriq atau menyekutukan Allah ya. Misalkan mengaku tuhan, itu sangat dilarang. 

Tuhan menaruhmu di tempat sekarang bukan tanpa alasan
Dengan perjuangan bahkan tangisan air mata
-Dahlan Iskan-

Seperti petuah diatas dari salah satu idolaku yaitu Bapak Dahlan Iskan, lebih kurangnya seperti itu kutipannya. Jadi, apa yang tidak mungkin selama Allah menghendakinya? Jika seseorang berpikir aku tidak bisa melakukannya, itu sama saja berarti dia berprasangka buruk dengan kekuasaan Allah, kunfayakun, yang artinya jika terjadi, maka terjadilah. Apa-apa yang dikehendaki oleh Allah meskipun tidak mungkin bagi manusia, tetapi bagi Allah apa yang tidak mungkin. Adanya siang dan malam, bulan dan bintang, hujan dan panas, hidup dan mati bahkan planet yang tidak saling bertabrakan, itu karena kuasa siapa?

Jadi Berhenti mengecilkan pemikiran sendiri.

Berpikirlah tanpa batas
Selama tidak melanggar batas
Dengan begitu dirimu naik level ke atas
-HEF- 
 
iya betul, saat kita membiarkan pikiran kita untuk menjelajah apapun tanpa ada tekanan "jangan! tidak bisa!" tetapi tetap berpikir jernih bukan pikiran yang buruk, maka hati kita juga akan siap menerima apapun yang terjadi nantinya. Misalkan..

Aku tidak bisa sabar tetapi terbiasa untuk belajar sabar..
Aku tidak bisa memasak tetapi terbiasa untuk belajar masak..
Aku tidak bisa istiqomah berhijrah tetapi terbiasa untuk belajar istiqomah..
kata kuncinya yaitu "belajar"
Melakukan kesalahan itu sah saja
Selama tidak sengaja mengulang dengan cara yang sama
-HEF-
 
Karena saat pikiran dan hati bersatu tanpa egois, itu namanya good control machine. Mengendalikan mesin yaitu alam bawah sadar dengan baik. Jadi, saat menganggap diri SEBAIKNYA berusaha mencoba dan mencoba terus hingga bisa. Itulah artinya bisa karena terbiasa.
 
Semua hal di dunia dapat dipelajari..
Jika kamu mau bukan mampu..
Semua hal di dunia dapat dimiliki..
Jika kamu mau bukan mampu..
Karena biasanya yang merasa mampu..
Malah meremehkan dan cepat puas..
Justru yang mau biasanya..
Lebih cepat berhasil karena MAU BELAJAR..
BELAJAR MENERIMA KEBAIKAN MAUPUN KEBURUKAN DIRI..
BELAJAR UNTUK TIDAK MENGHAKIMI DIRI SENDIRI..
BELAJAR UNTUK MERENDAHKAN HATI BUKAN RENDAH DIRI..
BELAJAR UNTUK SALING MEMAHAMI SATU SAMA LAIN..
KARENA HIDUP ITU UNTUK BELAJAR..
BISA..
KARENA..
TERBIASA..

KATANYA, LAKUKAN YANG KAMU SUKA, PASTI BISA, KATANYA

Aku tidak sepenuhnya setuju seperti itu. Tahukah kamu kalau dulu Jackie Chan tidak suka acting, tetapi dia bisa bela diri. Sehingga kemampuannya itu bisa dialihkan ke seni acting. Jadi, bermula dari hal yang tidak disukai dan tidak dikuasai yaitu acting, tetapi dia mau belajar untuk mencoba dan mencoba, akhirnya Jackie Chan kini menjadi aktor yang terkenal. Tidak hanya jago bela diri saja, tetapi dia terbukti bisa menjiwai setiap peran yang dimainkan.

Dulu aku merasa tidak bisa berenang apalagi di kedalaman..
Sampai-sampai setiap pelajaran renang di sekolah aku menepi dan..
Nilai yang buruk aku peroleh..
Namun..
Aku berusaha meluaskan pikiranku biar hatiku tidak sempit..
Aku mulai belajar berenang sendiri..
Belajar dan belajar..
dan akhirnya kini aku bisa berenang meskipun tidak semua gaya aku kuasai..
Setidaknya aku tidak lagi takut kedalaman..
 
Learning by doing
I can do something because practices
-HEF- 



 

No comments:

Post a Comment