Thursday 22 October 2015

Kopi Hitam itu Manis (Asal)

        Kedua kalinya aku share disini dengan rutinitas setiap pagi hingga sore di kantor, kemudian mengajar privat pelajaran adek-adek, sekitar jam sembilan-sepuluh malam tiba di rumah. Latihan jadi pengganti ibu selama empat tahun ini rasanya...I really enjoy my life during with them, my dearest part, Bapak dan my reminder alias adik. Dia yang selalu ingat dimana aku meletakkan barangku. But, factally aku sangat jauh dari sempurna. Empat tahun ini aku belum bisa manage waktu antara pekerjaan rumah dan di luar rumah. Bapak, lebih dari seorang partner melainkan my best beloved. Beliau dengan ketulusannya selalu membantuku melakukan pekerjaan rumah. Sebenarnya sedih banget seharusnya sekarang waktunya beliau menikmati masa tuanya dengan bersantai, tetapi baginya itu semua dilakukan hanya demi ibadah, menyenangkan hati kedua putri kesayangannya. Bapak bagaikan secangkir kopi hitam murni tanpa campuran gula maupun cream.
     Seperti malam ini dengan my new productive zone yaitu menulis. Dan kali ini tentang.... "Kopi Hitam itu Manis (Asal)", maksudnya apa hayoooo...

 Ini istimewa buat kamu yang suka kopi hitam maupun yang tidak suka..

Stay read yeee...
"Hmmm...", aroma kopi hitam, it makes me feel so calm..
        Tak seperti malam-malam biasanya yang langsung merebahkan badan setelah seharian bergulat dengan rutinitas harian, malam ini Mawar memilih merenung di kamar kecilnya dengan menulis puisi. Dia bukan perempuan yang romantis, tapi aroma kopi hitam di samping buku hariannya mengingatkannya akan suatu hal penting dalam hidupnya yang membawanya menjadi Mawar seperti sekarang ini.
        Sesekali dia berhenti menulis sambil berpikir.., dia ingat saat itu. Saat dimana penampilannya tak seperti sekarang. Mawar yang nyaman dengan celana jeans dan sepatu kets dengan jilbab segiempat menjulur hingga dada membentuk segitiga. Sekitar empat tahun yang lalu semasa dia duduk di semester pertama kuliah. Kini dia bertahap hijrah dengan rok panjang, pakai kaos kaki, pakaian longgar dan jilbab yang menutup hingga dada. Tetapi Mawar belum terbiasa memakai jilbab syar'i. "Wah...sudah lama ternyata", celetuknya sendiri di tengah keheningan malam hanya ditemani bulan sabit yang terlihat dari jendela kamarnya. Lalu Mawar menyeduh kopi hitam itu lagi, satu tegukan dan...
       -Ping-
       -Gambar diterima-
       -Mawar, dia sudah jalan-jalan ke London, kamu kapan?-
Suara nada bbm membuatnya menghentikan tegukannya. Setelah dia membaca bbm dari teman di seberang sana, dia tidak membalasnya..
       -kok cuma di R siih?-
       -kamu marah ya?, maaf. Aku cuma pengen kasih semangat kamu biar kamu bisa kesana juga nanti-
Mawar hanya tersenyum sambil meletakkan kembali bbm di depan buku hariannya dan...

Lima bulan yang lalu...
       "Aku serius sama kamu, kamu mau nggak ikut aku ke pelaminan?", suara laki-laki dengan nada romantis.
       "Aku masih pengen lanjut kuliah, syukur-syukur ke luar negeri. Dari dulu aku pengen ke London"..jawab Mawar dengan muka memerah jambu.
          "Hahaa.. aku mau ngajak kamu ke pelaminan temanku, emang kamu kira nikah sama aku?, emang kamu mau?", jawab laki-laki itu. Pada dasarnya perempuan menyukai pujian dan kalimat indah sejenisnya.
Mawar jawab apa ya..

 "Ahh..sudah lupakan", jawab Mawar sambil menggelengkan kepala.."kopinya sampai dingin kan...". Dia melanjutkan menulis puisinya. Mawar tidak mempermasalahkan bbm temannya maupun kisah lima bulan yang lalu itu. Mawar yang sekarang tidak mudah baper alias bawa perasaan. Dia yang sekarang sudah bisa bangkit dari masa lalunya dan menemukan yang baru. Hal baru yang merubah hidupnya menjadi lebih baik.
"Hoaamm..ngantukk ni..akhirnya selesai juga puisiku ini...", sambil senyum-senyum sendiri. Time to sleep, Mawar tidur setelah berwudhu dan mematikan lampu kamar. 

Sebenarnya siapa siiih cowok yang ke London itu...
        Dia adalah Rama, lelaki yang sangat dewasa pemikiran dan sikap menurut Mawar. Rama lebih tua empat tahun dari Mawar. Sebenarnya Mawar tidak pernah pacaran, tapi dia memang pernah dekat dengan cowok dan berharap cowok itu pelabuhan terakhirnya. Tetapi kenyataannya tidak, ternyata Rama hanya menganggap Mawar seperti perempuan-perempuan yang lain. Rama memang lagi cari jodoh, dan mungkin Mawar salah satu calon istrinya diantara beberapa pilihan lainnya. Dan.... bukan Mawar pilihannya Rama. Rama sama siapa ya?, sama Shinta?, biar kayak Rama dan Shinta?, yang jelas bukan dengan Mawar. Tidak butuh waktu lama Mawar dan Rama untuk saling kenal hingga dekat, tiga bulan saja. Mereka hanya bertemu langsung dua kali, sisanya by social media. Dan ternyata hanya butuh waktu satu bulan untuk move on dari Rama. Mau tau gimana caranya Mawar move on, sudah baca tulisanku sebelumnya kan... http://emmafebryanti.blogspot.co.id/2015/10/habis-putus-terbitlah-terang.html)

"Pagi..., ini silakan nyonya besar ini kopi itemnya,..Oh yaaa..coba lihat puisi buatanmu", kata Sasa,adik Mawar di meja makan.
"Boleh...bentar ya..,, hmm...aroma ini..."
"Emang enak ya kopi item gituuuu nggak pakai gula sama sekali?, kan pahit nggak maniisss.."
"Kopi hitam itu sebenarnya manisss.., tapi manissnya uda pindaaah di aku...,HAHA..."
"Yeeee.....,terserah deh..", jawab Sasa ketus.
"Kamu tau nggak siih,, kopi hitam banyak manfaatnya.Minum dua cangkir sehari bisa mempertajam daya ingat,mencegah depresi dan  resiko kematian jauh lebih rendah enam belas persen dibandingkan sama yang nggak minum sama sekali"..
Dan belum sempat Sasa menjawab...
"Kok diem cuma liatin cangkir, ngelamun siapa?",
"Kok siapa?", jawab Mawar kaget..
"Kamu mah pasti mikirin cowok, kan uda sejak lahir jomblo, yang ada deket terus jaga jarak dirimu kakaaakk..hahaaa.", jawab Sasa penuh semangat.
"Dengar ya Sasa.., ibarat proses pembuatan kopi hitam yang panjaaaaang dari proses pemetikan hingga pengeringan dan pengemasan nunjukkin kalau kopi hitam itu emang istimewa, sama halnya dengan proses hijrahku atas nama Allah yang panjaaaang banget termasuk tentang cowok", jawab Mawar tanpa keraguan sambil menyentuh hidung Sasa dengan sendok kopi.
"Seriuuss?, yakin?, niihh.. ada kiriman paket dari pak pos, dear my rose...", sambil menyerahkan kotak hitam seukuran kotak sepatu kepada Mawar.
Beberapa saat kemudian..
"Hmmm...kopi hitam itu memang manis yaaa...", setelah membuka kotak hitam itu di kamar, Mawar menghampiri Sasa lagi di meja makan..
"Apaan siihh? ora mudeng akuu.., emang dari siapa? isinya apa?.", jawab Sasa heran..
to be continue..

    Cerita Mawar di atas pada dasarnya tentang perjalanan hijrahnya untuk memperoleh ridho Allah SWT. Dalam kisah ini akuuu lebih memfokuskan tentang kisah cinta si Mawar biar romantis dan ringan dibaca. Tapi jangan tambah galau dan baper ya.
     Ada beberapa hal yang bisa dijabarkan tentang maksud dari "Kopi Hitam itu Manis (Asal)" yaitu sebagai berikut:
1. Kopi hitam murni tanpa campuran gula maupun cream, 
  Seperti halnya dengan pribadi seseorang yang seharusnya. Menjadi seseorang yang pantas di hadapan-Nya, seseorang yang jujur dengan dirinya sendiri dan lingkungannya, seseorang yang apa adanya tetapi tidak biasa-biasa saja melainkan istimewa, seseorang yang penuh ketulusan untuk berbuat baik dan seseorang yang ikhlas dengan kehendak-Nya. Ikhlas bukan berarti menyerah, tetapi memasrahkan kepada Allah SWT setelah beribu bahkan berjuta ujian yang harus dihadapi. Bukan menjadi seseorang yang dibuat-buat, seperti kopi hitam campur gula dan perasa lainnya. Dia hanya ingin baik di mata manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Padahal seharusnya menjadi baik di mata Allah SWT itu lebih utama dibandingkan di mata makhluk-Nya.
2. Kopi hitam yang pekat diseduh dengan air panas,diminum perlahan-lahan hingga terasa hangat di tenggorokan dan perut. 
     Seperti halnya dengan kekuatan seseorang dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Hanya orang yang bermental baja mampu menghadapi semua ujian di hidupnya. Waktu demi waktu dia lalui, mulai dari susah hingga berhasil,kekuatannya seiring berjalannya waktu semakin imannya semakin kuat. Liku-liku kehidupan dihadapi dengan penuh optimisme, tahap demi tahap dilalui, yakin bahwa setiap ujian akan membuat diri ini naik level dihadapan Allah SWT hingga mencapai kebahagiaan yang luar biasa.
3. Proses pembuatan kopi hitam yang panjang dan lama dari proses pemetikan,pengeringan,penghalusan hingga pengemasan.
     Seperti halnya proses yang harus dilalui seseorang demi memperoleh ridho-Nya. Seseorang yang hanya mengharapkan apapun yang halal, apapun yang baik untuk membahagiakan orang-orang tercinta dan itu semua dilalui mulai dari level kehidupan nol. Kehidupan miskin, tidah berubah alias stuck. Ada juga yang dari minus, kehidupan yang banyak hutang, galau tingkat dewa.
4. Aroma kopi hitam yang khas, seperti halnya karakter seseorang yang berhasil hijrah di jalan Allah SWT.    
      Karakter seseorang yang lillahita'alaa berhijrah dan beribadah. Dia memiliki karakter yang optimis, jujur, suka menolong, pantang menyerah dan karakter terkuatnya yaitu sabar karena.."Sesungguhnya Allah SWT berada diantara orang-orang yang sabar" (Q.S Al-Anfal,46). Sabar dalam menghadapi setiap permasalahan, jika mengalami kebahagiaan maupun kesusahan selalu bersyukur dan tawakal.
5. Ampas kopi hitam ibarat kenangan-kenangan pahit yang dialami sebelumnya, seseorang yang berhasil hijrah takkan pernah melupakan masa lalu sepahit apapun masa lalu itu. Karena dari masa lalu, dia belajar menjadi seseorang yang lebih baik dan lebih baik lagi di hadapan Allah SWT. Masa lalu atau kenangan dijadikan pembelajaran agar tidak mengulanginya lagi di masa depan bukan malah jadi galau berat yaaaa.

     Lima hal di atas ituuuuu yang membuat kopi hitam terasa maniss..., mengapa ada kata (asal)?, karena kopi hitam itu manis asal kamuuu tahu dari sudut pandang mana kamu menilainyaaa...., jadi gimana sekarang suka kopi hitam???, ingin jadi kayak kopi hitam???, seperti kalimat dibawah ini...

Yakinlah ada sesuatu yang menantimu
Selepas banyak kesabaran (yang kau jalani)
yang akan membuatmu terpana
Hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit
(Imam Ali bin Abi Thalib AS)

    Kisah Mawar bukan hanya sebatas kisah cinta, kisah anak muda, kisah yang umum, bukan juga hanya tentang kisah minum kopi saja. Ini hanya sebagian kecil kisah seseorang yang terus berusaha memantaskan diri dihadapan Allah SWT, dengan penuh kesabaran yang dimiliki. Terbukti dari empat tahun dia berhijrah memperbaiki penampilan diri dan iman, hingga berusaha move on dari si cowok PHP alias Pemain Harapan Palsu, bukan Pemberi Harapan Palsu karena si cowok itu justru lakon yang membuat Mawar berhasil jadi perempuan lebih baik. Masih banyak kisah yang lain di luar sana bahkan mungkin pada dirimu sendiri guys..
     Begitu juga denganku yang bersyukur banget hingga di usiaku sekarang masih diberi kesempatan berkarya dan berkumpul dengan kedua pelita hidupku, bapakku dan adikku.

Ada hikmah di setiap kejadian pahit...trust to Allah SWT..

       Oh iyaaa, sebenarnya apa isi kotak hitam yang diterima Mawar?, dari siapa yaaa?, lalu Mawar buat puisi apa ya?.... tunggu di tulisankuuuu berikutnya yaaa...,entah tulisan yang ke berapa. Jangan bosan-bosan dengan kisah si Mawar ya, tennaaaaangg... selama Allah SWT mengizinkan, akan ada tulisan-tulisan dengan kisah yang berbeda.. termasuk kisah tentang superhero dalam kehidupan nyataku coming soon..

Terimakasih...sudah menyediakan waktu untuk membaca blog kali ini yang lumayaaann panjang..
Wassalamu'alaikum...
Keep writing, always inspiring..# 30DWC 









































































6 comments: