Friday 30 October 2015

AYAH, SETIDAKNYA HENTIKAN ASAP ROKOKMU DI DEKATKU

Dear Ayah..
AYAH YANG LEBIH MENCINTAI ROKOKNYA 
DARIPADA KESEHATAN ANAKNYA yang masih kecil..

http://obatbronkitis.web.id/wp-content/uploads/2015/09/Beberapa-Efek-Buruk-Merokok-Di-Dekat-Anak.png 

Tulisan ini bukan sekadar tulisan..
Tulisan ini bukan sekadar tempat curahan hati..
Juga bukan hanya sponsor lewat..
Tulisan ini bukan juga surat untuk ayah..

TAPI..
Tulisan ini MEWAKILI jeritan hati seorang anak..

Bukan aku..
Tetapi anak-anak di luar sana yang HANYA BISA DIAM..
ANAK-ANAK yang MASIH KECIL..
mereka yang BELUM TAHU apa-apa..
masih BALITA bahkan masih BAYI..
andai mereka bisa MARAH seperti orang dewasa..
dan mengatakan pada ayahnya..
AYAH, SETIDAKNYA HENTIKAN ASAP ROKOKMU DI DEKATKU..
 
TOLONG, jika engkau TIDAK MAU berhenti merokok..
setidaknya JANGAN merokok di dekatku..
apalagi di depanku..

AKU MASIH BAYI ayah..
untuk berjalanpun aku masih dalam gendongan ibu..
AKU MASIH KECIL ayah..
untuk bicarapun aku masih harus memberikan isyarat..
Aku menangis jika lapar..
Aku tersenyum seperti memahami percakapanmu denganku..

MUNGKIN aku sekarang sudah bisa berjalan 
aku sudah mulai bisa bicara...
TAPI aku masih belajar untuk mengenal kehidupan..
termasuk mengenalmu, AYAH..
AKU BELAJAR ETIKA PERTAMA KALI DARIMU, AYAH..

TOLONG ayah..
Jika memang kebiasaanmu merokok sudah MELEKAT ERAT..
hingga engkau TAK SADAR berapa RUPIAH yang sudah terbuang..
yang SEHARUSNYA bisa untuk membelikanku susu..
bisa untuk membelikanku buku pelajaran..
bisa untuk uang belanja ibu..
SETIDAKNYA..
HENTIKAN MEROKOK DI DEKATMU HINGGA AKU TERLELAP..

JIKA tidak mau berhenti DEMI AKU..
MENJAUHLAH..
menjauhlah dari aku saat merokok..
JANGAN MERACUNIKU dengan ASAP itu..

apakah kau TIDAK TAHU?
ayah BELUM PAHAM?
asap itu seakan berjalan menjadi sekumpulan pasukan..
Pasukan yang ingin menyerangku..
DAN.. TERJADILAH..
kumpulan asap rokok itu MASUK ke dalam hidungku..
menuju saluran pernafasanku..

TAK PERNAHKAH TERLINTAS DI PIKIRANMU AYAH?
jika ada sekumpulan orang di dekatku dalam keadaan merokok..
APA yang akan engkau perbuat?
jika setiap hari anakmu ini yang masih kecil menghirup asap rokok..
KELAK bagaimana dengan kesehatanku?
KEBIASAANMU itu apakah BAIK UNTUK aku contoh kelak?
aku TIDAK INGIN seperti dia..
anak-anak yang DOYAN MEROKOK sepertimu ayah..
 

https://apakabarpsbg.files.wordpress.com/2008/11/anak20rokok.gif


Tolong, cobalah untuk berhenti merokok..
jangan lakukan demi aku..
LAKUKAN DEMI KESEHATANMU AYAH..
AKU masih ingin menikmati hidup yang panjang denganmu..
TANPA ASAP ROKOK..
BAHKAN TANPA penyakit AKIBAT MEROKOK..

oh iyaa.. AKU TAHU..
engkau saja TIDAK PEDULI dengan kesehatanmu sendiri..
engkau hanya MENGUTAMAKAN NAFSUMU..
KEPUASANMU dalam merokok..
YANG KATANYA NIKMAT..
tapi sebenarnya menjemput KIAMAT..

TERAKHIR jeritanku ini ayah..
TOLONG, SETIDAKNYA HENTIKAN ASAP ROKOKMU DI DEKATKU..
dan TOLONG..
NASEHATI MEREKA yang merokok juga di dekatku..
AKU masih kecil Ayah..
Begitu juga kasihan orang lain yang tidak merokok..
yang TERLANJUR MENGHIRUP asap itu..
misalkan..
IBU, IBU yang sembilan bulan mengandungku..
IBU yang rela menghabiskan waktunya..
IBU yang rela tidak bersolek..
DEMI..
ayah dan aku..


ini bukan hanya tentang rokok ayah..
TAPI..
ini tentang PENDIDIKAN AKHLAK yang baik..
AYAH..
ENGKAU ADALAH PANUTANKU KELAK..
aku ingin engkau selalu diberi kesehatan..
begitu pula aku dan ibu..

TOLONG HENTIKAN asap rokok itu di dekatku..
 

Keep writing,always inspiring# 30DWC

No comments:

Post a Comment