Wednesday 21 October 2015

HABIS PUTUS TERBITLAH TERANG

Ini pertama kalinya Emma buat blog guys...
Semoga bermanfaat ya..

Suatu malam..
"Hallo..Assalamualaikum Mawar", suara seorang gadis dengan isak tangis.
"Waalaikumsalam Tia, ada apa malam gene telepon?, tumben", jawab si Mawar.
"Maaaaa....,, aku baru diputusin cowokku. Dia batalin pernikahan kami. Padahal udah lamaran, nentuin tanggal nikah. Lima tahun pacaran endingnya kayak gene. Dia mutusin lewat telepon tadi siang.Dia....",
bla..bla..bla.. dan begitu seterusnya Mutia curhat kegalauannya pada Mawar sepanjang malam itu.
 Singkat cerita Mutia ingin mengakhiri hidupnya saja karena malu tidak jadi nikah dan seperti dicampakkan tanpa kepastian.
Kalau aku jadi Mawar aku jawab gene, "Terus aku kudu  piye?'..

Dari percakapan pendek di atas jelas menggambarkan kegalauan tingkat dewa seorang perempuan akan nasibnya. Well, apa dunia akan hancur kalau Mutia tidak jadi menikah?, bukan tidak jadi tetapi lebih tepatnya belum saatnya menikah. Kalau dia beneran mau mengakhiri hidupnya karena hal itu bagaimana dengan orang tua dan impian-impiannya?, yang mungkin sebelum Mutia memutuskan menikah dia masih ingin mewujudkan.

Gimana Menurutmu guys kalau kamu di posisi Mutia?, apa kamu bakalan lakuin hal yang sama?, kalau aku tanya perasaan... pasti rasanya hancur berkeping-keping, terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. Harus bangjit, HARUS. Pada dasarnya perempuan lebih menggunakan perasaan daripada laki-laki yang lebih menggunakan logika (right?..). Meskipun ada perempuan yang dari luar terlihat strong banget, kamu (para lelaki) tau nggak hatinya gimana sebenarnya...

JAWABAN DARI PERMASALAHAN ini singkatnya WAKTU. Waktu yang akan menyembuhkan, bahasa kerennya "Time Will Heal". Serius cuma waktu?, eits.. wait guys.., itu jawaban singkatnya. Matchpointnya yaitu apa saja yang harus dilakukan selama waktu pemulihan.

Empat hal yang bisa dilakukan buat yang mengalami kisah kasih seperti Mutia atau sejenisnya ya. Intinya diputusin pacar sampai galau tingkat dewa. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Terima dan Terimakasih
Terima maksudnya, seseorang punya perasaan kan, dan perasaan katanya datang dari hati. Faktanya hati kita itu terbuat dari gumpalan darah and so... teksturnya lunak. Benda yang lunak pasti mudah dimasukkan benda lain misal kayak donat kamu tusuk pakai garpu. Sama halnya dengan perasaan kita, perasaan akan menerima apapun yang masuk baik itu rasa senang, sedih, kecewa, terkejut dan masih banyak lainnya. Jadi, kalau memang lagi sedih ya sudah luapin saja rasa sedihmu, kalau perlu nangis tapi jangan berlebihan. Jadi, terimalah..terima saja.
Terimakasih maksudnya, ini ada hubungannya dengan kalimat "jangan berlebihan", sesuatu yang berlebihan memang tidak baik termasuk baper. Setelah hati kita menerima kemudian berterimakasihlah kepada Allah SWT karena baik buruk yang kita terima itu memang kehendak-Nya. Jadi, jangan pernah ucapkan kalimat negatif kalau lagi mengalami hal buruk, dan jangan merasa sombong kalau mengalami hal baik. Bersyukur apapun yang terjadi.

2. Let it go
Seperti soudntrack lagu film cartoon frozen, let it go berarti lepaskan. Maka buat yang mengalami kegalauan tingkat dewa ataupun tingkat yang lain jawabannya lepaskan..lepaskan saja, katanya yang lalu biarkan berlalu. Jadikan masa lalu sebagai sebuah pembelajaran. Ingat masa kecil kan?, ingat lagu fenomenal "Balonku Ada Lima", ada liriknya yang seperti ini...
         Meletus Balon Hijau.. dooorr..
         Hatiku sangat kacau
         Balonku tinggal empat
         Kupegang erat-erat
Nah..., jadi anggap saja bukan jodohmu, lepaskan saja dan jangan berharap dia kembali lagi. Fokuslah pada yang ada, pegang erat-erat. Misal selama kamu pacaran jadi lupa sama impianmu, hobby, waktu dengan orang tua. And... it's time to do something makes you happy.., perbanyak kegiatan positif dan produktif. Kegiatan yang baik banyak tapi tidak semua produktif. Nonton film di bioskop baik, tapi itu termasuk cost. Kegiatan yang menyenangkan serupa seperti nonton film rame-rame sama adik-adik panti asuhan, kegiatannya baik dan produktif kan, atau nonton filmnya diganti belajar buat kue dan kalau enak bisa dijual (dapat duit kan...hehe).

3. Move On
Sudah biasa ya denger kalimat "move on", tapi tahu tidak arti sebenarnya. Move on disini maksudnya meskipun kamu masih dalam kondisi terluka berdarah-darah karena cinta kamu harus tetap bergerak maju. Siapa bilang move on itu harus kuat dan tegar, move on itu diiringi dengan nangis, luapan emosi marah dan sejenisnya tapi tetap melangkah ke depan. And so... Keep moving up be better what you are..

4. Dekati Allah SWT
Daripada sibuk mendekati makhluk-Nya sampai buat galau, lebih baik dekati Allah SWT, yang menciptakan manusia, yang memberi perasaan cinta, yang Maha Mengetahui segalanya. Apa yang menurutmu baik, belum tentu baik bagi Allah SWT, dan ketentuan Allah SWT pasti baik untuk hamba-Nya. Mulailah dengan memperbaiki ibadahmu, memperbanyak sedekahmu, sholat malam tingkatkan, lantunan ayat suci Al-Qur'an seringlah kamu lantunkan. Kemudian masukilah lingkungan orang-orang mukmin/mukminah agar kamu bertaqwa. Akan ada rasa yang luar biasa setelah kamu melakukannya.

GIMANA sudah cukup puas dengan jawabannya...
kurang yakin?,, O.K.. biar tambah yakin baca yang selanjutnya ini ya..

 Nah.. foto tulisan diatas saya kutip dari salah satu lirik lagu Kang Abay motivasinger.., ini facebook nya https://web.facebook.com/Motivasinger?fref=nf
Dalam do'a selalu panjatkan agar dipertemukan dengan Jodoh yang mencintai Allah SWT dan Rosullulah..
Jodoh kita akan datang sesuai harapan selama kita memperbaiki diri menjadi pribadi yang pantas dan layak untuk bersanding dengan yang kita harapkan.
 Dan..
اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ
“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)..

Janji Allah SWT tidak pernah ingkar kepada hamba-Nya yang bertaqwa..
Finally... tetap bersyukur dan berprasangka baik dengan ketentuan Allah SWT...
Baper kan artinya Bawa Perubahan..
Lebih cepat lebih baik..
Hidup cuma sekali..
Bahagiakan orang-orang tercintamu..
Buatlah mereka bangga dan tersenyum lebar melihat kesuksesanmu..
Catatlah sejarah dirimu sendiri...
Sejarah dirimu yang bisa dijadikan tauladan untuk keturunanmu dan generasi penerusmu..
Jangan mudah tergoda dengan dunia fana ini..
Ingat, ada kehidupan abadi yang menunggu kita..
Menabunglah untuk masa depanmu di dunia fana ini dan juga untuk kehidupan abadimu kelak..

Terimakasih sudah membaca tulisan pertama saya di blog ini...
Semoga Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah baik kita..
Wassalamualaikum...
Keep writing, always inspiring katanya rezkyfirmansyah.com
















6 comments: